Toko Bearing Berkualitas

Berbagai kebutuhan bearing bisa anda temukan disini!

Jenis Bearing Berdasarkan Tipenya

Jenis Bearing Berdasarkan Tipenya

Jenis Bearing Berdasarkan Tipenya

Bearing merupakan elemen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Bearing menjaga poros (shaft) agar selalu berputar terhadap sumbu porosnya, atau juga menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Bearing sangat sering kita temukan pada kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari seperti penggunaan kendaraan, alat elektornik, dll. Setiap benda berputar hampir semuanya menggunakan bearing. Pada bearing terdapat dua tipe beban yang akan diterima yaitu beban radial dan beban thrust. Kedua beban tersebut tergantung dari cara pemakaian bearing itu sendiri. Mungkin pada suatu kejadian, bearing hanya mengalami beban radial atau mungkin juga hanya mengalami beban thrust atau mungkin juga bearing tersebut akan terbebani oleh kedua tipe beban tersebut secara bersamaan.

Dalam penjualan bearing, belum banyak orang tahu akan pentingnya komponen yang satu ini. Hal ini karena bearing memiliki jangka waktu perawatan yang cukup panjang. Jika misalkan rusak pun anda harus membelinya dari supplier bearing langsung. Biasanya anda bisa menemukan supplier bearing ini di kota-kota terdekat yang menjual berbagai perlengkapan alat-alat kendaraan. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada suatu bearing kendaraan anda, maka disaranka untuk mendatangi bengkel saja langsung.

Contohnya pada kasus motor listrik yang dihubungkan dengan pulley pada gambar di bawah ini hanya memiliki beban radial karena beban tersebut hanya berasal dari ketegangan belt yang menyebabkan timbulnya gaya tarik menarik antar pulley. Lalu pada kasus yang kedua adalah orang yang sedang duduk di sebuah kursi yang bisa berputar dan sedang mengangkat sebuah barang. Bearing yang terdapat pada kursi tersebut akan memiliki beban thrust yang berasal dari berat orang tersebut dan barang yang diangkatnya. Oleh karena itu untuk pengetahuan anda, berikut ini perbedaan tipe-tipe bearing berdasarkan kegunaan dan kebutuhan dari sebuah bearing.

Bearing dapat diklasifikasikan berdasarkan gerakan yang diijinkan oleh desain bearing itu sendiri, berdasarkan prinsip kerjanya, dan juga berdasarkan gaya atau jenis beban yang dapat ia tahan. Berikut adalah macam-macam bearing dilihat dari berbagai aspek:

Jika berdasarkan gesekan yang terjadi pada bearing, maka bearing terbagi menjadi dua jenis yakni:

  • Anti-friction bearing : yaitu bearing yang tidak akan menimbulkan gesekan. Contoh: roller dan ball bearing
  • Friction bearing : yakni bearing kerjanya dapat menimbulkan gesekan. Contoh: bush dan plain bearing.

Jika dilihat dari beban yang ditahan oleh bearing, maka berikut adalah jenis-jenisnya:

  • Journal Bearing: adalah bearing yang didesain untuk menahan beban yang tegak lurus terhadap sumbu shaft horisontal.
  • Foot step atau pivot bearing: adalah bearing yang didesain pada poros vertikal untuk menahan beban yang paralel terhadap sumbu poros tersebut.
  • Thrust bearing: adalah bearing yang didesain untuk menahan beban horisontal yang paralel dengan sumbu poros horisontal.